Minggu, 14 Juni 2020

IGI Melatih Guru Kreatif dan Berinovasi Lewat Pembuatan Blogspot


Ikatan Guru Indonesia (IGI) kembali membuka workshop untuk pelatihan berbasis web, untuk melatih  guru-guru senusantara untuk belajar dan menuangkan idenya serta terus berinovasi dan berkarya lewat teknologi abad 21, dalam menghadapi era industri 4.0 dan pendidikan kesehatan 5.0 dan perkembangan globalisasi yang semakin pesat maka salah satu tugas guru adalah menyiapkan dirinya sedini mungkin agar lebih siap dalam mentransformasikan ilmu pengetahuannya kepada generasi penerus bangsa atau anak didiknya, saat ini sering disebut abad milineal atau abad 21 dimana dunia sudah memasuki era teknologi yang semakin berkembang dan tentunya sangat berdampak pada sebuah kemajuan bangsa. untuk itu sebagai anak bangsa yang hidup di zaman teknologi ini tentu harus belajar dan terus mengembangkan diri untuk ikut serta dalam pemanfatan teknologi secara sehat dan bijak.sebab dalam hal teknologi pasti akan dihadapkan kedua hal yakni hal positif dan negatif.

Salah satu dalam kegiatan SAGUSABLOG (satu guru satu blog) yang diselenggarakan oleh Ikatan Guru Indonesia pada tanggal 14 j
Juni 2020 dan acara pembukaannya berlangsung pada tanggal 13 juni 2020 melalui video conference Ms Teams pada link: https://bit.ly/pembsagusablog42 pukul 19.30 wib dengan ketentuan sebagai berikut"
  1. Instal aplikasi Ms Teams di play store
  2. Klik link:https://bit.ly/pembsagusablog42 dan buka menggunakan aplikasi Ms Teams
  3. Tuliskan nama anda kemudian klik tombol bergabung sekarang.
Para peserta yang sudah resmi menjadi peserta akan dibimbing oleh para mentor hebat di kelasnya masing-masing, dimana para pesertanya akan dibagi kelas melalui web SAGUSABLOG kemudian selanjutnya di bimbing melaui TELEGRAM Group  dan setiap sesi sudah disiapkan modul atau materinya untuk dipelajarai dan mempraktekan secara nyata dan nantinya  setiap peserta yang menyelesaikan tiap sesi wajib melaporkan tugasnya di SIM GP Ikatan Guru Indonesia.

Kegiatan workshop SAGUSABLOG angkatan 42 kali ini dibagi menjadi 40 kelas dengan masing-masing mentor atau pembimbingnya.
Ini adalah kelas peserta workshop yang mengikuti kegiatan SAGUSABLOG yang berbasis web online dan sekaligus alamat untuk melaporkan tugas -tugas dari para peserta workshop yang menyelesaikan setiap modul.

Pertanyaan mengapa harus blog.

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa dalam menghadapi perkembangan dunia yang semakin pesat di berbagai kehidupan saat ini di berbagai bidang kehidupan yang tak terlepas dari pemanfatan teknologi yang semakin canggih maka tugas kita sebagai guru adalah menyiapkan diri untuk belajar dan terus belajar agar lebih kreatif dan berinovasi dalam memahami pemanfaatan teknologi secara utuh dan menyeluruh, dan dengan memahami teknologi secara sehat,bijak,utuh dan menyeluruh maka kita tidak akan menjadi penonton dan bahkan kita sebagai guru tidak akan bisa mengembangkan diri secara kreatif dan inovatif sesuai zaman yang kita hadapi ini. dan tentunya akan berpengaruh pada bahan ajar yang kita ampuh tidak akan menjadi menarik sesuai dengan perkembangan saat ini.


Maka untuk itu sebagai seorang guru harus terus belajar dan berinovasi lewat media pembelajaran online atau melalui workshop online (Webinar) untuk menggali ilmu pengetahuan dan mengembangkan kompetensi  agar lebih siap dalam menghadapi perubahan yang semakin pesat.

Berikut salah satu group Telegram kelas 42-S dengan bimbingan para mentor, dimana didalam kelas ini akan dibimbing secara maksimal oleh para mentor yang mempunyai keahalian dibidang teknologi sampai para peserta memahami cara pembuatan blog dengan baik dan benar sesuai dengan modul yang dipelajari.

Semoga kegiatan ini terus berlanjut agar guru-guru bisa belajar dan bisa mentransformasikan ilmu pengetahuannya kepada peserta didiknya maupun kepada orang lain.



 "Sharing and Growing Together" 

0 komentar:

Posting Komentar

WORKSHOP ONLINE

IGI Melatih Guru Kreatif dan Berinovasi Lewat Pembuatan Blogspot

Ikatan Guru Indonesia (IGI) kembali membuka workshop untuk pelatihan berbasis web, untuk melatih  guru-guru senusantara untuk belajar ...