PROGRAM TAHUNAN
Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Satuan Pendidikan : SMP Negeri 2 Umbu Ratu Nggay Barat
Kelas / Semester : IX/ Ganjil dan Genap
Tahun Pelajaran : 2019/2020
Komptensi Inti :
·
KI1: Menghargai dan menghayati ajaran agama
yang dianutnya.
·
KI2: Menghargai dan menghayati perilaku
jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam
berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan,
keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan
kawasan regional.
·
KI3:
Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan
metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak
mata.
·
KI4:
Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif,
produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret
dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang
sama dalam sudut pandang teori.
SMT
|
KOMPETENSI
DASAR
|
Alokasi Waktu
|
1
|
1.1 Mensyukuri perwujudan Pancasila sebagai Dasar Negara yang
merupakan anugerah Tuhan Yang Maha Esa
|
33 JP
|
2.1 Menunjukkan sikap bangga akan tanah air sebagai perwujudan
nilai-nilai Pancasila sebagai dasar negara
|
||
3.1 Membandingkan antara peristiwa dan dinamika yang terjadi di
masyarakat dengan praktik ideal Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan
hidup bangsa
|
||
4.1 Merancang dan melakukan penelitian sederhana tentang peristiwa
dan dinamika yang terjadi di masyarakat terkait penerapan Pancasila sebagai
dasar negara dan pandangan hidup bangsa
|
||
1
|
1.2 Menghargai isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam
Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 sebagai
wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa
|
15 JP
|
2.2 Melaksanakan isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung dalam
Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945
|
||
3.2 Mensintesiskan isi alinea dan pokok pikiran yang terkandung
dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945
|
||
4.2 Menyajikan hasil sintesis isi alinea dan pokok pikiran yang
terkandung dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia
tahun 1945
|
||
1
|
1.3 Bersyukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas bentuk dan kedaulatan
Negara Republik Indonesia
|
15 JP
|
2.3 Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mendukung bentuk dan
kedaulatan Negara
|
||
3.3 Memahami ketentuan tentang bentuk dan kedaualatan negara sesuai
Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945
|
||
4.3 Memaparkan penerapan tentang bentuk dan kedaualatan negara
sesuai Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945
|
||
2
|
1.4 Menghormati keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan
(SARA) di masyarakat sebagai pemberian Tuhan Yang Maha Esa
|
12 JP
|
2.4 Mengutamakan sikap toleran dalam menghadapi masalah akibat
keberagaman kehidupan bermasyarakat dan cara pemecahannya
|
||
3.4 Menganalisis prinsip persatuan dalam keberagaman suku, agama,
ras, dan antargolongan (SARA), sosial, budaya, ekonomi, dan gender dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
||
4.4 Mendemonstrasikan hasil analisis prinsip persatuan dalam keberagaman
suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
||
2
|
1.5 Mengapresiasi prinsip harmoni dalam keberagaman suku, agama,
ras, dan antargolongan (SARA) sosial, budaya, ekonomi, dan gender dalam
bingkai Bhinneka Tunggal Ika sebagai anugerah Tuhan Yang Maha Esa
|
15 JP
|
2.5 Menunjukkan sikap peduli terhadap masalah-masalah yang muncul
dalam bidang sosial, budaya, ekonomi, dan gender di masyarakat dan cara
pemecahannya dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
||
3.5 Menganalisis prinsip harmoni dalam keberagaman suku, agama, ras,
dan antargolongan (SARA) sosial, budaya, ekonomi, dan gender dalam bingkai
Bhinneka Tunggal Ika
|
||
4.5 Menyampaikan hasil analisis prinsip harmoni dalam keberagaman
suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) sosial, budaya, ekonomi, dan
gender dalam bingkai Bhinneka Tunggal Ika
|
||
2
|
1.6 Menunjukkan perilaku orang beriman dalam mencintai tanah air
dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
24 JP
|
2.6 Mengutamakan sikap disiplin sebagai warga negara sejalan dengan
konsep bela negara dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
||
3.6 Mengkreasikan konsep cinta tanah air/bela negara dalam konteks
Negara Kesatuan Republik Indonesia
|
||
4.6 Mengorganisasikan kegiatan lingkungan yang mencerminkan konsep
cinta tanah air dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
Manggewar... Juli 20.20
Mengetahui,
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran,
Melki Umbu Sorung, S.Pd Oktavianus Umbu Kuta, S.Pd
NIP.19770515 201001 1 028 NIP.19851012
201708 1 001
Catatan Kepala Sekolah
....................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................................
0 komentar:
Posting Komentar